Wednesday, April 25, 2018

Lingkungan yang (ga) baik

Tempat dimana kita tumbuh pasti bakal berdampak sama kebiasaan kita sehari-sehari, even itu cuma ditempat kerja sekalipun.
Biarpun jadwal rata-rata kerja sehari paling cuma 8-9 jam, tapi sadar ga sadar itu bisa pengaruh ke perilaku kita loh. Yaiyalaaah, di kaliin aja 6 hari jadinya banyaaaakk.



Malah bisa dibilang kita lebih banyak interaksi sama orang-orang kantor dibanding sama orang-orang rumah.
Masalahnyaaa, gimana kalo ternyata orang-orang yang sekantor sama kita, punya dampak yang ga baik buat kita?

Gue sama sekali ga bermaksud buat menjudge, wong aing sendiri belum bener jadi orang. Tapi kan pasti ada hal-hal yang kita sadar sendiri kalo itu ga baik, dan kita mau coba buat ubah. Yekaaaan? Yegaaaak?



Jadi ceritanya, tempat gue kerja sekarang ini mostly ceweknya udah jadi emak-emak. Dan kebanyakan juga (biarpun ga semua), emak-emak yang suka ngomongin orang lain. Apalagi tempat kerja gue yang sekarang bukan di Jekardah, yang otomatis cara bersosialisasi mereka juga beda. LAGI, ga semua memang. Tapi kebanyakan orang ditempat kerja gue sekarang kya gitu. Dan yang gue lagi ambil contoh ya pokoknya ditempat kerja gue sekarang. Jadi i wanna say sowreeh first, klo ada yang tersinggung sama pengambilan contoh gue.


Harusnya sih kita juga bisa pilih-pilih sendiri yaaa lingkungan dan orang-orang yang baik buat kita. Tapi yaaah gitu lah.









Jadi, di kantor gue yang sekarang ini gue deket sama sekitar 4 orang. Nah dari 4 orang ini, ada 1 yang belum nikah tapi umurnya lebih tua 6tahun dari gue, dan belum ada pacar juga.
Awalnyaaa, gue sering ngobrol sama dia. Soalnya keliatannya asik aja gitu. Tapi makin kesini............ Kyanya eike salah.


Dia kyanya suka ngomongin orang gitu, malah yang deket sama diapun di omongin. Awalnya gue ga ambil pusing, karna kok kyanya yang dia omongin soal tuh orang emang bener.

Tapi makin kesini........ kok gue jadi ngerasa suka ngomongin tuh orang juga ya? Jadi ngerasa kya punya pikiran yang jahat gitu. Kya ada yang nyebelin atau kelakuannya gimana dikit, langsung di omongin juga.

Kya yang gue bilang, gue emang belom jadi orang yang bener-bener bener(?), tapi kalo ngelakuin hal yang ga bagus dan KITA SADAR, ya bisa di ubah dong?


Waktu pas di kantor sebelumnya, gue ga pernah ngomongin orang sampe kya gini. Paling ngomongin karna lagi dibikin keshel doang. Tapi, disana gue kebawa jadi hedon. Mulai ngerti barang-barang branded, makanan-makanan yang lumayan dan nguras kantong.

Yaaa secara ya, daerah selatan gitu, makanan enak dan mahal bertebaran dimana-mana, mall juga bertebaran. Akhirnya sebelum tengah bulan gaji udah pada abis HAHAHAHA

Tapi ya menurut gue itu masih lebih better dibanding ngomongin orang sih. Hedon ya paling rugi di materi sama mata kalo ada barang bagus tapi harga bikin sakit kepala. Lah kalo ngomongin orang?

Rugi di hati, pikiran sama mulut.
Nambahin dosa lagi. ck


Hati jadi jahat, pikiran juga jadi mikirin hal yang seharusnya ga jadi urusan kita buat di pikirin, dan mulut karna suka nyebarin ini-itu ke orang lain.


Karna pas dipikir-pikir, di kantor gue yang sebelumnya gue ga pernah ngomongin orang sampe kya gini. Sampe nethink-in orang gini.


Dan pas makin kesini juga gue sadar, si orang kantor ini kya ga terlalu respect klo ada orang yang cerita sama dia. Setiap gue cerita apaan, pasti di sambung-sambungin ke pengalaman dia. Tapi dia selalu semangat kalo ceritain soal dia sendiri. Akhirnya gue cerita juga ya kya gitu-gitu aja.


TERUS, dia itu selalu sok tau. Jadi klo ngasih tau apaaaa gitu sama dia, dia tuh udah manusia paling tau dah. Tapi belum tentu bener.

Contohnya, waktu Garuda Fair kemarin, dari bulan sebelumnya gue udah bilang sama dia klo mereka kerja samanya sama si bank M, tapi doi ngotoooooot sengotot-ngototnya klo sama si bank H.
Trus gue bilang dong pake bank M, gue udah liat di websitenya. Tapi dia masih ngotot, soalnya kata temennya pake bank H.


Akhirnya? Bener kata gue kan, klo mereka kerja samanya bareng si bank M.
Udah gitu? Ya udah aja gitu dia pura-pura bego.


Trus klo misalnya kasih tau dia sesuatu gitu ya, gue sih lebih prefer klo gatau ya bilang aja gatau. Atau at least nanya kek, masa? emang iya?

Kan orang ngasih taunya jadi lebih enak yak. Lah dia? 'Gatau~~ deh.'

..................................



Ini aja gue udah mulai ketularan dia lagi kan buat ngomongin kya gini. huf

 

Akhirnya ya gue jadi agak kurang-kurangin ngobrol sama dia sih. Biasanya sore-sore suka main ke ruangan dia, sekarang udah mulai jarang. Atau klo emang main ke ruangannya, ya mulai-mulai jaga omongan. Kalo doi mulai ngomongin orang, ya diemin aja gausah ditanggepin.

Et iya baru inget! Parahnya lagi, doi juga suka sumpahin orang! Duh ini sih amit-amit banget gue mah!


Waktu itu ceritanya gue ganti hp, trus doi nanya hp gue mana. Ya gue kasih tau hp gue yang lama dong, kan takut dibilang sombong klo main tunjukin yang baru. Trus tau dia bilang apa? 'yeeee, gue sumpahin rusak ya hp lo!'

Sist, hak gue juga sebenernya kan mau kasih liat apa ngga?


Trus yang kemaren-kemaren juga, ada temen gue yang ulang tahun, nah sebelum tanggalnya si doi ini udah kasih kado. Tapi doi pesen buat bukanya pas ulang tahunnya. Kadonya juga cuma nyampe sehari lebih cepet btw. Trus tau dia bilang apa supaya tuh kado ga dibuka? 'jangan dibuka dulu loh, klo dibuka nanti umurnya pendek!'


Gilak meeen! Perkara kado gitu doang sampe sumpahin umur orang jadi pendek, apa ga keterlaluan? 


Tapi puji Tuhannya kebiasaan nyumpahin orang gitu sih ga nular di gue. Doh amitamit lah jangan sampeeee.



"Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik."
1 Kor 15:33

No comments:

Post a Comment

Greetings, again(?)

Apa-apaan ini? Habis nikah, belom kasih review, tau-tau ngilang aja gitu?    *emang ada yang nunggu?*