Monday, January 15, 2018

Mundur munduuuurrr

New year tahun ini HARUSNYA jadi New Life juga buat gue dan kokoh.
Iya HARUSNYA....... Sebelum si negara api menyerang.


Padahal juga, sebelumnya gue lagi nge-draft ga berasa aja udah tau-tau tahun ini. Eh tapi....... :(((




Jadi, in less than 8 months till d-day ini, ortunya kokoh pengen supaya wedding kita di undur......


Yap.

Gue nge-droooop se ngedrop ngedropnya sama keputusan yang kya gini. Gila luh. Malah tadinya pengen di cancel aja, trus pindah ke tempat lain. Astagaaaahh, inginku berkata kasar..... tapi ya camer juga.
Cuma kan bete aja, gue sama kokoh yang sama-sama ngumpulin kok, buat dp gedung ini-itu, ga ada minta-minta sama mereka, kok tau-tau enak aje pengen suruh cancel pindah tempat, mau cuma balik berapa juga ya biarin aja. Gilak.


Trus yang bikin bete lagi, sebelum tragedi undur-unduran ini, minggu kemarennya itu emang ada ketemu keluarga gue sama keluarga kokoh. Dan disitu mereka kya okeoke aja sama tanggal nikah kita.

Nah pas kemaren-kemaren ini, mereka itung-itungan dah tuh tanggal-tanggalan bagus gitu. Tbh, gue ga percaya sama sekali sama itung-itungan tanggal kya gitu. Semua hari baik kok. Masa Tuhan ada bikin hari yang ga baik. Tapiiii, masalahnya ortu kokoh belum percaya sama kya gitu-gitu. Doi masih totoooook banget.

Pas di itung-itung, katanya tanggal itu tuh tanggal orang-orang pada sembahyang buat arwah atau apalah. Pokoknya katanya pintu neraka lagi di buka gitu -__- Ortunya aja sampe bilang, bulan yang kita ambil itu bulan ga bagus, ga ada chinese yang nikah di bulan segitu. Biarpun kokoh udah bilang dia ga percaya gitu-gituan, tapi ortunya malah bilang kalo ini tuh adat.

.......................................


Ga ngerti lagi deh aing...... Menurut gue ya, adat emang harus dipiara, cuma ya kan gausah sampe segitunya lah. Cuma ya balik lagi, karna apa yang dipercaya itu masih beda, jadi ya susah.

Tapi masalahnya, emang prosesnya segampang goreng kacang?
Kudu ngehubungi WO, bridal, gedung, kue, foto, keluarga gue. Yang ngadepin siapa? Gue. Yang minta undur? Situ.



Waktu gue telfon bokap-nyokap, bokap mah nyantai. Dia serahin semua ke anaknya karna dia percaya yang anaknya pilih ya udah pasti yang terbaik buat dia. Lah emakeeee? pas di kasih tau langsung nanya-nanya tipikal emak-emak pada umumnya, 'kenapa baru di omongin sekarang?' 'waktu mama disana kok ga ngomong apa-apa? 'kok ngundurnya lama banget?' 'kok superman kolornya di luar?'

Dan gue harus penuh kesabaran buat ngejelasin ke mamake biar ga dikutuk jadi batu. huff


Okelah 2019, gue pengen awal tahun jadi gue suggest bulan Februari. And y'know what? Lagi-lagi ga di setujuin, karna katanya bulan orang-orang pada imlek. Bisa gilak gue lama-lama. Ini jadi yang mau nikah sape sih?


Gue pernah baca blog lain yang kasusnya sama, dan waktu itu gue mikirnya 'atuhlah jangan sampe deh aing begitu juga' eh taunya................


Amblasss udah semua plan gue di tahun ini. Awal tahun yang udah excited, tiba-tiba langsung ngedrop gegara kabar kya gini.
Padahal udah kebayang mau hanimun kemana, udah kebayang prewed yang TADINYA di rencanain bulan Maret, pokoknya kya udah ke susun di kepala gue mau ngapa-ngapain aja.

Apalagi, gue tipe orang yang kalo udah plan A, ya kudu jadi. Nah pas kejadian kya gini, yang MAU-GAMAU harus di turutin, ya otomatis rasanya nyesegh banget cyin! :(


Sampe akhirnya pas doa kemaren, sempet kepikiran kalo mungkin Tuhan nyuruh kita buat di undur gini, supaya gue sama kokoh bisa sama-sama belajar buat saling ngertiin lagi, buat ga egois lagi, buat sama-sama bisa control kalo lagi marah. Karna nikah kan bukan cuma sekedar serumah bareng, ngapa-ngapain bareng, tapi ya biarpun berantem juga tetep aja KUDU MESTI HARUS ngeliatnya lo lagi-lo lagi.


Sampe sekarang pun kadang masih suka kesel. Si kokoh juga suka cerita kan kalo ortu nya nanya-nanya, dan kadang gue ngerasa, ortunya kokoh terlalu intervene sama beginian (untung anaknya gatau blog gue XD)


Ortunya kokoh beda jauuuuuh sama ortu gue. Ortu gue (re: bokap) selalu ngebebasin anaknya. Dari gue sekolah pun, bokap ga pernah ngatur-ngatur. SMA gue masuk jurusan mana, mau kuliah dimana ambil jurusan apa, mau ngekos dimana, mau main kemana, semua di bebasin. Karna dia mau anak-anaknya bisa ngurus apa-apa sendiri.

Urusan nikahan juga bokap gue ga ada ikut campur apa-apa. Semua bener-bener di serahin ke gue. Makanya waktu ngadepin ortu kokoh yang kya gitu, gue kok agak ngerasa..................kesel.

Si kokoh cerita sama gue, ortunya sampe mau tau persiapan udah sampe mana (which is masih wajar), pembayaran udah sampe mana (udah rada-rada), dan yang lebih lebiiiiiiih ga abis pikir, mereka sampe mau tau sebulan kita bayar berapa..........

GEWLAK. Gue mau kesel, tapi ya anaknya juga yang cerita. Malah, hari minggu kemarin bokapnya sampe nelfon gue, nanya persiapannya udah dimana, trus suruh main ke tempat mereka buat ngobrol-ngobrol lagi. YANG UNTUNGNYA, ada kokoh di rumah jadi langsung dia yang handle semua omongan bapaknya.

Pusing gue. Dari ortu gue yang biasa nyerahin apa-apa ke anaknya, tiba-tiba di hadepin sama ortu yang pengen intervene mulu soal ginian. Emang sih, niat mereka baik. Cuma ya kalo tiap hari ditanyain mulu apa ga pusing? Bayaran aja sebulan sekali, lah masa ini seminggu berkali-kali ditanya udah bayar berapa duit?

Sampe AKHIRNYA si kokoh kasih pengertian ke mereka. Boleh nanya, cuma ya ga usah se-ikut campur itu juga. Apalagi sampe ditanya seminggu berkali-kali. Pusying kan bok! Dan akhirnya, SEMOGA mereka ngerti dan ga terlalu ikut campur lagi urusan beginian. Let us handle these in our way. Toh juga ga usah di ajarin, kita pasti ngerti gimana cara buat itung-itungan dan prioritasin mana yang harus kita bayar.



HUFF masalah beginian aja bikin gue pusying naujubilah. Sampe gue ngerasa, biasanya kan yang ribet di keluarga cewek, lah kok ini......................


Tapi, dari semua pergumulan gue soal ginian, akhirnya gue sadar 1 hal.
Rencana kita bukan rencana Tuhan. Kita bisa berencana, tapi Tuhan tunjukin kalo mungkin rencana Dia buat kita ya ga di tahun ini. Mungkin kita kudu sama-sama belajar dewasa lagi, sama-sama belajar buat ga egois. Dan kalopun misalnya, gue maksa kemauan gue buat tetep di tahun ini, mungkin juga malah ga enak nantinya.

Mungkin waktu ngerencanain ini, kita ga nanya dulu sama Tuhan kira-kira bisa di tahun ini apa ngga. Mungkin kita ngeyel, ngotot maksa di tahun ini biarpun sebenernya berkali-kali pas lagi berantem, gue ngerasa kalo kita emang mesti sama-sama belajar lebih lagi dulu. Kita juga ga bener-bener amat, kadang masih suka bebel malah. Tapi gue percaya, Tuhan ga pernah sedetikpun ninggalin kita biarpun kita bandel kya apaan tau.


I believe in His plan. Rancangan Tuhan itu damai sejahtera. Sekarang mungkin gue kita mesti ngerasa ga enak, kesel, karna apa yang udah di rencanain, tiba-tiba seenaknya di undurin gitu aja, tapi gue percaya di depan sana Tuhan udah siapin hal yang indah buat gue dan kokoh *astagaaaah kesambet apaan gue nulis kya gini*






No comments:

Post a Comment

Greetings, again(?)

Apa-apaan ini? Habis nikah, belom kasih review, tau-tau ngilang aja gitu?    *emang ada yang nunggu?*